Minggu, 18 Maret 2012

Cup galicup kembang kuncup (mana yang sahabat?)

Synopsisnya (mungkin)


            Hallo ketemu dengan saya lagi, Pitta Pitung (sok ada yang kenal aja). Saya nggak tahu bikin cerita ini dengan keadaan waras atau enggak. Soalnya waktu itu saya nulis sama setengah teler (sleppy I means: maksud saya, mengantuk). Jadi buat yang baca jangan kaget soalnya ini ceritanya aneh banget, membuang-buang waktu anda, dan sangat enggak penting. Jangan muntah waktu lagi mbaca dan jangan copy paste soalnya ini berasal dari pemikiran saya yang kurang-bahkan tidak waras.
            Dengan otak saya yang sudah tidak layak pakai ini (astagfirullah-astagfirullah), saya mencoba membuat cerita yang sudah saya peringatkan bahwa akan membuat anda muntah. Saya sendiri bingung cerita saya termasuk cerita lucu atau sedih. Jadi baca sajalah. Pusing. Bikin sinopsisnya aja saya bingung, apalagi waktu nanti anda membacanya. Tabahkan hatimu.

Tebak, teman atau bukan?

Suatu ketika...
Apa ini namanya masalah besar? Dan aku mendapatkannya sekarang, masalah yang belum tentu bisa aku selesaikan sendiri. Tangisan tak cukup. Bukan tak cukup untuk menghilangkannya, tapi lebih tepatnya adalah tak cukup untuk menggambarkannya. Bukan apa-apa, mungkin orang lain menganggap masalahku biasa-biasa saja.
Perlu bukti?

“Mal aku punya masalah besar…,” sambil mewek.
“Kenapa, Pit? Emangnya kamu punya masalah apa kok kamu sedih banget?”
“Lcd notebookku pecah, nggak tau kenapa,” kataku sesenggukkan.
“Oalah, kirain kenapa,” jawab kemal dengan datarnya.

Aku cuman diem, nunduk sambil ngelanjutin sesenggukkanku. Tambah deres aja ini air mata. Bukan karna keinget masalah notebook, tapi karna aku pengen banget njitak pala Kemal yang botak (soalnya dia habis cukuran, katanya mau lomba paskibra) itu. Berani-beraninya dia bilang, “Oalah, kirain kenapa,” huh padahal masalahku bukan sekedar masalah kehilangan upil, atau masalah kehilangan pacar (pacar mah gak penting gilak) aja, eh serius deh ya, masalahku tuh seribu sembilan ratus empat puluh lima rius huhu.
Tapi aku lagi sedih, gak lucu dong kalo sampe jitakin pala orang trus terjadi jambak-jambakan (sayangnya juga nih, si kemal lagi gak ada rambuk buat dijambak), trus gebuk-gebukkan di depan rumah. Apalagi ini jam setengah 10 malem. Bisa-bisa warga se-Kota Semarang Setara Bali Ndeso Mbangun Deso Semarang Bergandeng Tangan Semarang Pesona Asia ngamuk, gara-gara terganggu ketentraman bobok cantiknya (makanya sebelum tidur minum obat tidur, kalo nggak minum Baygon sekalian biar bisa bobok lamaaa). Bisa-bisa aku dan kemal dipanggang, dikasih kecap, sambal pedas, trus lalapan, perporsi Rp10.000. Eh… salah topic pemirsa, maaf saya tadi habis makan di Selera Sambal. Jadi malah keinget nasi bakar yang masih anget-angetnya, paha goreng pake tepung krispi yang kriuk-kriuk, ditambah sambal terasi segar dan es teh botol sorso memang enak. Lho lho lho, udah, Pit, setop…setop…
Lagian Kemal itu Ketua OSIS, dan aku cuman Sekertaris. Bisa-bisa dia nyopot pangkatku tanpa uang pesangon PHO (Pemutusan Hubungan Organisasi).

Ada juga orang yang dengan mudahnya memberikan solusi yang sulit dilakukan. Sulit dilakukan oleh Pita yang kalem, lemah lembut (dalam bahasa Jawa, lemah=tanah), debu, pasir, batu, dan kerikil. Tapi dia dengan santainya bilang bahwa itu gampang. “Gampang kok,” gitu katanya.

“Yan, aku harus gimana nih?” tanyaku panic.
“Halah, Pit, tinggal bilang sama orangtuamu apa susahnya? Kalo perlu kamu nangis sekalian pas ngomong, biar mereka trenyuh. Sekarang juga, mumpung baru kejadian,” terocosnya.
“Gimana caranya aku ngomong? Aku nggak mau ngerepotin orangtuaku, aku takut ngecewain mereka, ngerti,” kataku memelas.
“Gampang kok,” kata Yanuar sambil merapikan rambutnya yang nggak bisa berantakan sedikitpun.

Gampang, ya, kalo cuman ngasih solusi. Mau solusinya bagus, jelek, gila, malu-maluin, rasional, irrasional, regular, irregular (kayak verb aja), yang ngelakuin tetep aku, pemberi solusi gak bakal mau tahu ataupun tempe, tapi kalo ayam goreng pake sambal terasi MUNGKIN mau, eh PASTI mau deng! Duh keinget Selera Sambal lagi, plis -_____-
Lanjuuut… Sekalipun dia ngasih aku solusi buat nyebur ke laut pake pelampung, trus terjun bebas dari jurang 1/2 meter, atau megang ulet bulu (sorry, ANTI! mending aku pake alternative 1 dan 2) tetep aja aku yang bakal bonyok-bonyok (umpama aku mau yaaa). Dia mah sekedar ngomong aja blablablabla ngasih solusi. Soal hasil, aaah… terserah elu, Pit, masalah juga masalah elu, bukan masalah gue. Kan kita cuman teman, nothing special.

Ada lagi nih, yang lebih dahsyat buat seluruh warga Indonesia. Yang masuk sepuluh chart terdahsyat hari ini. Dia cuman ngasih tanggapan yang singkat, padat, dan tidak jelas, bertele-tele (bukannya bertela-tela, tela-tela mah enak), yang hanya bisa dipahami sama orang yang lagi detik-detik terakhir sakaratul maut.
Berikut liputannya…

“Ded, lcd notebookku pecah,” kataku sambil mewek (biasa).
“Oh… pecah,” sambil asyik ngupil.
“Aku takut bilang sama bapak-ibu, Ded. Aku gak mau ngerepotin mereka nih,” sambil menatap Dedi penuh harap (percuma, Pit).
“Oh… takut,” sambil mlintir-mlintir upilnya.
“Gimana solusinya? Aku pusing,” kataku. Dan aku sadar bahwa sedari tadi Dedi sama sekali nggak ndengerin aku, tapi focus sama upilnya.
“Oh… pusing,” sambil membuang gundukan upilnya kebawah meja, dan terdengar suara gemuruh glodak-glodak (bisa bayangkan seberapa besar upilnya?)
 “Dasar gila, lu. Dari tadi njawabnya ngaco. Kita putus!”
 “Oh… putus,” katanya sambil ngicip tangannya yang asin-asin gimana gitu.
“He’eh! Kapan jadian, yak?” sambung Dedi saat tersadar bahwa dari dulu rasa upilnya masih asin.

Aku nggak yakin mereka itu sahabatku. Jangan-jangan mereka sebenernya adalah alien yang lagi nyamar jadi Kemal, Yanuar, sama Dedi. Hah! Jangan-jangan ketiga temenku yang asli udah diculik dimasukin ke piring terbang trus dijadiin buruh cuci piring. Oh, no!

Ada 5 kesimpulan yang bisa kita ambil dari kejadian diatas :
1.     Kalo memang mereka diculik alien, berati yang tadi jahat tuh alien yang lagi nyamar. Dan temen-temenku yang aseli sebenernya emang temen yang baik hati, nggak ada yang jahat, apalagi tega , nggak cuek, suka menolong, suka nyapu, ngepel, ngupil, dan rajin menabung ke rekening BNI Taplus-ku (kaya mendadak deh Eke, trus uangnya bisa buat benerin notebook, Bok).
2.     Aku harus nyelametin (menyelamatkan) temen-temenku.
3.     Aku harus nyelametin (bikin acara selametan) buat mendoakan mereka disana.
4.     Kalo memang mereka diculik alien, berati aku harus cari pembantu baru.
5.     Kalo memang tadi beneran temenku aseli, aku pengen mereka beneran diculik alien ajadeh! Biar nggak ada yang jahat sama aku. Biar mereka hilang tanpa jejak bak ditelan paus berkepala cebong.

Tapi tapi, umpama tragedy penculikan 3 cowok gambus itu tidak benar-benar terjadi. Dan yang ngomong sama aku tadi adalah bener-bener mereka, aku bakal syok (baca: ditulis syok soalnya kalo aku nulisnya shock, nanti takutnya dikira kaos kaki) banget seumur hidup. Syok karna temen-temenku pada jahat semua dan nggak ada yang bener-bener peduli sama aku huhuhu.
Coba kalo aku jadi Presiden dunia (nb: dunia, jadi bukan cuman berkuasa di Indonesia) nggak bakal ada yang berani nyuekin aku. Berani nyuekin? Oh, alamat nanti setatus sebagai warga bumi aku copot trus aku mutasi ke matahari (bukan swalayan), biar jadi tukang tiup tungku biar matahari tetap membara. Sepanas api cintaku ke titiktitik eh kekalian, siapa aja yang baca emuah (jangan muntah).

Bukan! Yang ini baru teman sahabat

Dan inilah sosok mereka :

1.     Putu Pramudita Sindunora
Orang terdekatku (bukan berati tetangga), kita berdua solid banget, kemana-mana bareng. Walaupun kelas berbeda, tapi hati tetap satu *cuit-cuit*

Via SMS…
Pita     : Be, lcdku pecah.
Tata    : Kok bisa sayang?
Pita     : Aku juga nggak tau, pas sore tak buka ternyata udah kena be. Ada item-itemnya gitu L
Tata    : Woh kok bisa gitu ya be, yaudah besok aku anter ke acer center. Dah gak usah nangis.
Pita     : Iya makasih banget ya be. Oya aku belum bilang sama bapak sama ibuk. Aku nggak berani, takut ngecewain mereka.
Tata    : Iya gak papa be, bilangnya besok-besok aja kalo kamu udah tenang. Cup-cup J


2.     Ilma Devi Agustin

Sahabat yang hampir tidak terlihat, kayak mobil rahasianya Mermaid man and Barneckel boy di serial Sepongbob, meskipun tidak terlihat tetapi sangat berguna. Tapi kalo Ilma, sangat perhatian, ramah dan baik hati (duh terharu huhu).

 “Gimana, Pit? Notebookmu udah?”
“Belom, Ma. Aku bingung nih nggak ada yang nganter. Kan aku juga gak bisa naik motor,” curcolku.
“Aku aslinya pengen nganter, lho. Tapi kalo aku senggang, Pit. Kan aku ke kios kalo pulang sekolah,” kata Ilma.
“Kamu kok baik banget sih, Ma? Jadi terharu,” kataku malu-malu tapi ya malu.
“Haha baik gimana?” sambil tersenyum, aku juga ikut tersenyum. Senyuman cewek malang dengan masalah yang besar. Pasang muka tegar-pasang muka tegar.


3.     Lia Atma Rachmawati

Dia itu udah 4 tahun sekelas sama aku, dari SMP 3 tahun sekelas, dan ini sekelas lagi waktu aku dan Lia kelas 11. Kita jodoh atau gimana, ya?

“Kamu kemana, Pit, pas tadi pelajarannya Bu Lestari? Kok ijin ke kamar mandi nggak balik-balik?” tanya Lia saat aku masuk kelas habis istirahat.
“Nggak papa aku cuman lagi pengen sendiri aja,” kataku sambil tersenyum (palsu).
“Ada masalah apa? Jangan nangis terus.”
“Aku nggak nangis,” kataku sambil pura-pura tegar. Padahal rasanya pengen mewek trus pengen menabrakkan diri ke becak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar